Sunday, November 15, 2009

Thank You !

Lama juga baru sempat nulis lagi setelah sekian lama sibuk dengan urusan kantor. Alhamdulillah saya diberi kesempatan lagi untuk melanjutkan studi di luar negeri dan kali ini di Inggris. Selama beberapa hari disini ada satu hal yang menarik yang saya perhatikan yang mungkin diantara kita merupakan hal sepele dan saya pikir mungkin juga bagian dari budaya suatu negara, yaitu mengucapkan kata terima kasih (Thank you). Salah satu contoh ialah ketika seorang turun dari bus dengan senang hatinya dia mengatakan "terima kasih" kepada supir bus, sesuatu yang mungkin tidak kita temukan di negara kita (atau saya yang belum pernah lihat ??) apatah lagi kalo seseorang diberi sesuatu maka kata ini akan selalu terucap. Tapi saya jadi ingat seorang nenek di tempat kos saya dulu yang sangat "benci" kalo kita mengucapkan kata terima kasih kepadanya karena dia menganggap apa yang dia lakukan adalah sesuatu yang sudah harus dilakukan dan tidak mengharap ucapan terima kasih..hmmm. Atau seperti kata guru SMA saya yang "melarang" kita mengucapkan terima kasih kepada penjual ketika kita telah selesai membeli sesuatu dengan alasan "anda beli barangnya jadi tidak usah mengucapkan terima kasih, kecuali anda dikasih secara gratis", tetapi bukan kah ucapan terima kasih kita bukan karena pembelian tapi pelayanan yang dia berikan ? dan bukankan kita seharusnya mengucapkan terima kasih kepada seseorang karena keikhlasannya dalam melayani kita ? atau sekedar mengucapkan dua kata untuk menunjukkan bahwa kita respek terhadap apa yang di kerjakan seseorang ?

No comments: